Alas Kedaton di Bali

    Author: Unknown Genre: »
    Rating

     Alas Kedaton merupakan salah satu objek wisata menarik di Bali yang patut Anda kunjungi. Objek wisata Alas Kedaton memberikan sajian bentuk wisata berupa banguna pura yang unik. Bangunan dan suasana objek wisata Alas Kedaton semakin unik dengan hidupnya segerombolan kera di lingkungan objek wisata tersebut. Objek wisata Alas Kedaton di Bali berlokasi di daerah Desa Kukuh kurang, yakni kurang lebih sekitar 4 km jaraknya dari kota Tabanan. Wilayah desa Kukuh sendiri terbagi atas 7 bagian dusun dan 12 banjar adat. Mata pencaharian sebagian besar dari warga desa tersebut menggeluti bidang pertanian. Sektor lain yang juga digeluti oleh penduduk desa setempat adalah bidang pertukangan, pegawai dan juga buruh.

    Alas Kedaton merupakan pura yang mempunya empat buah pintu masuk ke bagian dalam Pura yakni dari bagian barat yang merupakan lokasi pintu masuk utama. Pintu yang lainnya dari arah Utara, Timur dan juga dari Selatan. Semua pintu tersebut mengarah menuju ke bagian halaman tengah. Pura Alas Kedaton cukup berbeda kondisi dengan pura-pura lainnya yang ada di Bali yang sebagian besar menjadi objek wisata.





    Keunikan yang kedua dari Pura Alas Kedaton tersebut adalah halaman pura Alas kedaton di bagian dalam yang merupakan tempat yang paling disucikan oleh penganut Hindu. Bagian dalam pura berada pada posisi lebih rendah dari halaman tengah dan juga luar. Tempat suci bagi umat Hindu yakni pura Alas Kedaton tersebut juga dikelilingi oleh hutan yang dihuni oleh sekelompok hewan kera yang cukup dikeramatkan oleh masyarakat sekitar Alas Kedaton tersebut. Disamping sekelompok hewan kera yang hidup di dalam hutan, terdapat pula sekelompok hewan kalong yang hidup secara bergantungan.


    Sekelompok hewan kera yang ada di Alas Kedaton merupakan hewan-hewan kera yang sudah jinak, namun Anda tetap perlu berhati-hati sebab bisa saja kera tersebut bersikap jahat secara tiba-tiba. Pastinya Anda sangat penting untuk memperhatikan barang bawaan Anda. Perlu diketahui bahwa objeke wisata Alas Kedaton di Pulau Bali terletak berdekatan dengan objek wisata Tanah Lot yang juga cukup terkenal. Anda bisa merencanakan perjalanan wisata sekaligus dari Tanah Lot menuju ke area wisata Alas Kedaton tersebut. Bagi Anda yang menyukai sejarah dan objek wisata Hindu memang cukup penting mengunjungi lokasi objek wisata yang satu ini. 

     

    source:http://www.objekwisatadibali.com





    One Response so far.

    1. pratiwi says:

      wah kenapa bisa namanya alas kedaton ??
      ada sejarah tentang nama itu ga? ;)

    Leave a Reply

    Komentar Anda Merupakan Cermin Diri Anda Sendiri

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    Suara Rakyat



    Beach Design Surfboard